Lagi marah bro? Yuk Baca Cara Meredam Kemarahan Agar Tidak Memuncak!


Berikut ini beberapa hal yang bisa kita lakukan atau praktekkan untuk meredam amarah, agar kita bisa mengendalikan amarah diri kita sendiri. Karena apabila kita belum bisa mengendalikan amarah kita, maka saat marah semua kata kata yang kotor akan keluar dari mulut kita, urat nadi menegang, darah naik ke kepala dan segala sifat buruk yang ada pada diri kita akan keluar dengan sendirinya. Apabila saat marah kita sempat melihat diri kita di cermin, maka kita akan melihat betapa buruknya rupa kita bila dibandingkan saat kita dalam keadaan tidak marah.

Apabila hendak marah maka dianjurakan :

1. Diam. Rasulullah saw bersabda : "Apabila diantara kalian marah , maka diamlah" (H.R Ahmad)

2. Membaca Ta'awwudz.

A'uudzubillaahi minasyaithaannirrajiim

Rasulullah saw pernah mengajarkan kepada dua orang sahabat yang saling mencaci maki.
"Sesungguhnya aku akan ajarkan kalian suatu kalimat yang kalau diucapkan akan hilanglah kemarahan kalian, yaitu bacaan A'uudzubillaahiminasyaithaannirrajiim " (H.R. Bukhari)

3. Merubah Posisi.
Maksudnya apabila saat kita marah kita dalam keadaan berdiri, maka duduklah. Bila belum reda juga maka berbaringalah.
Rasulullah saw bersabda :
"Apabila salah seorang diantara kalian marah, sedangkan ia dalam kondisi berdiri, hendaklah ia duduk. Kalau telah reda atau hilang marahnya (maka cukup dengan duduk saja) , dan jika belum reda , hendaklah ia berbaring" (H.R. Abu Daud).

4. Berwudhu.
Apabila dengan diam, duduk dan berbaring masih belum meredam kemarahan, maka dianjurkan untuk berwudhu. Sebagaimanasabda Rasulullah saw :"Sesungguhnya marah itudari setan dan setan itu diciptakan dari api dan api itu bisa padam jika diredam dengan air , maka apabila diantara kalian marah, berwudhulah" (H.R Ahmad)

5. Sholat.
Jika wudhu belum bisa mengatasi amarah kita , maka laksanakanlah sholat sunnah 2 rakaat , sebagaimana sabda Rasulullah saw : " Ketahuilah, marah itu sesungguhnya bara api dalam hati manusia. Tidaklah engkau melihat merahnya kedua matanya dan tegangnya urat darah dilehernya. Dan barangsiapa mendapatkan hal itu (marah), hendaklah ia bersujud (sholat)" (H.R.Tirmidzi).


Marah merupakan tabiat manusia, akan tetapi agama islam disini mengajarkan kita untuk selalu mengendalikan amarah kita semaksimal sebisa kita.

" Orang yang kuat tidaklah yang kuat dalam bergulat, namun mereka yang bisa mengendalikan dirinya ketika marah " (H.R. Malik)

"Sebaik baik orang adalah yang tidak mudah marah dan cepatmeridhoi (memaafkan) dan seburuk buruk orang adalah yang cepat marah dan lamabat meridhoi (memaafkan)" (H.R.Ahmad)

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

2 tanggapan untuk "Lagi marah bro? Yuk Baca Cara Meredam Kemarahan Agar Tidak Memuncak!"

Hunstu Nur Huda Pencipta Lagu Keren pada 01:34, 17-Agu-13

Wah pusing tp ini sob

New Post Sob Membuat Halaman atau Fans Page Lewat Hp

Jangan Lupa Berkunjung dan RATING Blogku Nanti Pasti Ku Rating Balik Thx Dah Sebelumnya

Aldi Syah pada 01:41, 17-Agu-13

@Hunstu Nur Huda Pencipta Lagu Keren,
insya Allah sob...

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)